Dekranasda dan BDI Yogyakarta Gelar Diklat 3 In 1 Pembuatan Batik Tulis

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DIY menjalin kerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Yogyakarta menggelar Diklat 3 in 1 pembuatan batik tulis berupa pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja. Program 3 in 1 ini guna membantu mewujudkan regenerasi pembatik khususnya menyasar generasi milenial sekaligus mempertahankan secara berkesinambungan predikat Yogya Kota Batik Dunia.

Wakil Ketua III Dekranasda DIY Tazbir Abdullah mengatakan melihat potensi kerjasama dengan BDI Yogyakarta maka pihaknya menjalin kerjasama yang diwujudkan dalam diklat 3 in 1 ini. Hal ini merupakan salah satu tugas penting Dekranasda DIY untuk mempertahankan keberlanjutan batik kepada generasi muda seiring predikat yang disandang Yogya sebagai Kota Batik Dunia.

“Jadi kita menggelar diklat 3 in 1 pembuatan batik tulis khusus bagi generasi milenial untuk regenerasi pembatik dan supaya dapat mempertahankan predikat Yogya sebagai Kota Batik Dunia. Sebab ada evaluasi dari World Craft Council (WCC) agar supaya DIY bisa melakukan inovasi batik dan regenerasi pembatik guna mempertahankan predikat tersebut,” tuturnya di Balai Diklat Industri, Selasa (18/5).

Tazbir menyatakan diklat 3 in 1 pembuatan batik tulis ini diikuti setidaknya 32 peserta yang telah diseleksi yang akan mendapatkan pelatihan, sertifikasi hingga penempatan kerja. Penempatan kerja program 3 in 1 yang digulirkan BDI Yogyakarta ini sangat menarik sehingga akan membantu regenerasi pembatik di DIY.

“Kita disini berkepentingan untuk menjaga keberlanjutan batik guna mempertahankan posisi Yogya sebagai Kota Batik Dunia. Dengan predikat inilah, kita harus tetap mempertanggungjawabkan regenerasi pembatik sehingga sasaran yang dibidik adalah generasi milenial dengan desain batik yang juga lebih kekinian,” imbuh Mantan Kepala Dinas Pariwisata DIY ini.

Kepala BDI Yogyakarta Tevi Dwi Kurniaty menuturkan sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian (BPSDMI Kemenperin), pihaknya bertugas melaksanakan diklat bagi SDM industri. BDI Yogyakarta mendapatkan tugas memberikan pelatihan dengan spesialis tertentu yaitu industri alas kaki, industri plastik, industri kerajinan dan furniture.

BERITA REKOMENDASI