Delegasi Sembilan Negara Ikuti Pelatihan Multimedia

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Sebanyak 14 delegasi dari 9 negara di wilayah Asia Pasifik dan Afrika mengikuti kegiatan 'Multimedia Training Course, for Asia-Pacific and African Countries' yang dipusatkan di Sekolah Tinggi Multi Media (STMM)'MMTC' Yogyakarta. Peserta yang umumnya berlatar belakang profesi jurnalistik ini dilatih mengenai broadcasting, video production dan digital news selama 10 hari mulai 25 Juli hingga 4 Agustus mendatang.

Para peserta tersebut berasal dari Negara Fiji, Papua Nugini, Solomon Islands, Vanuatu, Afganistan, Nepal, Timor Leste, Ethiophia termasuk 4 peserta dari Indonesia. Kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Luar Negeri RI dengan STMM 'MMTC' Yogyakarta.

Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri, Siti Sofia Sudarma mengatakan, pelatihan ini wujud komitmen Indonesia dalam mempererat kerjasama Selatan-Selatan sekaligus memberikan berbagai pengembangan kapasitas negara Asia Afrika. Hasil dari pelatihan ini para peserta mampu membuat berita yang mengintegrasikan tulisan, gambar, suara, vidoe dan grafis menggunakan teknologi digital.

"Pengembangan Information Communication Technology (ICT) dipriorotaskan untuk mencetak individu-individu yang memiliki pemikiran inovatif dibidang broadcasting, video production dan digital news," kata Siti Sofia saat acara penutupan di Auditorium STMM 'MMTC', Kamis (04/08/2016).

Acara penutupan dihadiri perwakilan Kedutaan Besar peserta yang berkedudukan di Jakarta, salah satunya Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos dan Plt Ketua STMM 'MMTC' Yogyakarta Prof Dr Gati Gayatri MA. Alberto mengatakan, dengan mendokumentasikan kehidupan warga Yogyakarta, para peserta dapat belajar tentang kultur dan budaya masyarakat setempat yang penuh keramahan. (R-2)

BERITA REKOMENDASI