Dengan Disiplin Protokol Kesehatan, Sektor Pariwisata Harus Tetap Berjalan

Nilai yang dimaksud, imbuh Tion, ialah sebagai jaminan keamanan kepada pihak ketiga. Ia mencontohkan, hotel yang sudah memiliki sertifikat atau surat keterangan terverifikasi, secara otomatis akan dilirik oleh pengelola MICE atau even. “Bagi yang mau order, selalu menanyakan surat keterangan. Kalau hotel itu belum punya, mereka akan mundur dan mencari lokasi lain,” imbuhnya.

Selain hotel, usaha bidang pariwisata lain yang tidak kalah penting ialah destinasi. Sejumlah destinasi di Kota Yogya seperti Taman Pintar, Kraton, GLZoo, berbagai museum serta Malioboro sudah menerapkan standar protokol sesuai arahan pemerintah. Bahkan khusus di Malioboro, mendapat apresiasi dari BPK RI terkait gerak cepat antisipasi pandemi. Terutama dengan adanya kebijakan alur pengunjung, pembagian zona, sarana ‘QR Code’
dan lainnya.

Akan tetapi jika terdapat temuan kasus Covid-19 di destinasi wisata maupun akomodasi, maka upaya tracing yang dilakukan Pemkot harus mendapat dukungan. Seperti di PKL Malioboro yang berdampak pada penutupan sementara sebagian pedagang yang pernah kontak erat. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI