Desa Jadi Katup Pengaman Perekonomian Nasional

Menurut Edy Sriyono, dalam perkembangannya, lahirnya UU desa tersebut juga ada keterkaitan dengan paradigma ‘Merdeka Belajar’ yang dikonsep oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang sekaligus mengkonstruksi adanya ‘Kampus Merdeka’. “Gayungpun bersambut, Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi menyambut dan menginisiasi adanya Kampus Merdeka untuk Desa,” ujarnya.

Terkait peran serta dalam konsep Kampus Merdeka dan Kampus Merdeka untuk Desa, kata Edy Sriyono, maka UJB menjadi salah satu anggota Forum Perguruan Tinggi untuk Desa atau disingkat Forum Pertides. Oleh karena itu sebagai wujud mengejawantahkan konsep di atas, maka di kampus kebangsaan UJB, khususnya Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi telah dibentuk konsentrasi atau kompetensi Perdesaan dan Pariwisata serta Ekonomi Kreatif.

Selain itu juga didukung dengan dibentuknya Lembaga Inovasi dan Kajian Ekonomi Desa (LIKED) yang sudah diluncurkan oleh Dekan Fakultas Ekonomi sebelumnya. Tujuan didirikannya LIKED ini adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap desa sebagai tindak lanjut Kampus Merdeka untuk Desa. “Desa dengan segala potensinya dapat menjadi katup pengaman perekonomian nasional,” pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI