Desa Ujung Tombak Pembangunan DIY

YOGYA, KRJOGJA.com- Desa menjadi ujung tombak pembangunan di DIY. Oleh karena itu para Kepala Desa (Kades) dituntut mampu membuat program-program untuk meningkatkan kesejahteraan masayarakat desa. Demikian diungkapkan Anggota DPD RI dari DIY GKR Hemas saat bersilaturahmi dengan puluhan Kades yang baru terpilih se-DIY di kediamannya, Kraton Kilen Yogyakarta.

Menurut Hemas, adanya dana desa menjadi peluang emas bagi desa untuk memberdayakan sekaligus menyejahterakan masyarakatnya. Namun Hemas berpesan Kades harus cermat dan berhati-hati dalam penggunaannya hingga pelaporan. "Saya termasuk orang yang tidak ingin terlalu banyak pemeriksaan soal penggunaan dana desa ini, yang justru memberatkan para kepala desa. Dalam kondisi seperti ini kepala desa harus paham aturan, supaya tidak bermasalah," tuturnya.

Selain itu, Hemas meminta para Kades untuk memahami keistimewaan DIY. Menurut Hemas, Kades di DIY berbeda dengan dengan Kades-kades di daerah lain di Indonesia, karena diberikan tanah pelungguh serta hak-hak istimewa lainnya. Kemudian para Kades juga diminta untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah di atasnya, karena secara hirarkis, pemerintah desa adalah kepanjangan tangan dari pemerintah pusat. "Pemda DIY sudah merancang percepatan pembangunan DIY dengan desa sebagai ujung tombaknya," katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI