Desain Tol Yogya Berpeluang Diubah, Simpang Monjali Bakal Hilang

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kawasan jalan sekitaran Monumen Jogja Kembali (Monjali) menjadi salah satu rencana lokasi yang bakal dilewati tol Yogya – Solo. Hanya saja, Pemda DIY mengusulkan agar kawasan tersebut tak dibuat melayang lantaran masuk dalam sumbu imajiner Yogyakarta.

Namun begitu usulan tersebut belum mendapat tanggapan dari pemerintah pusat di bawah Kementrian PUPR. Hal tersebut disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang mengatakan belum ada surat dari pusat terkait rencana tol di kawasan Monjali.

“Itu departemen (Kementrian) belum resmi kirim surat sama saya. Nanti kalau program itu (tol termasuk melalui Monjali) sudah pasti, departemen mesti kirim surat ke gubernur untuk mendapatkan ijin lokasi,” ungkap Sultan, Jumat (10/01/2020).

Tahapan proyek tol di wilayah DIY sendiri saat ini baru dalam fase sosialisasi bagi masyarakat terdampak. Jika tak ada penolakan dari warga, barulah nantinya fase bisa berlanjut ke munculnya ijin penggunaan lahan dari Pemda DIY dan mulai pembebasan tanah warga hingga dimulainya pembangunan.

“Dengan lokasi itu disepakati, maka dimungkinkan investor untuk membebaskan tanah. Selama itu (ijin penetapan lokasi) belum ada kan belum bisa,” sambung Sultan. 

Jika nantinya mendapat persetujuan, kawasan Monjali akan dilakukan redesain ulang dengan menghilangkan simpang empat ikonik tersebut. Pilihan ini digunakan dengan adanya pertimbangan sumbu imajiner yang diharapkan tak tertutup jalan layang seperti yang diterapkan dalam proyek tol lainnya di DIY. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI