Dewan Minta Pemda DIY Fokus Stimulus Pemberdayaan Ekonomi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY dan Pimpinan Komisi B DPRD DIY, RB Dwi Wahyu B meminta Pemda DIY untuk fokus Memberikan stimulus pemberdayaan ekonomi di tengah pandemi Virus Corona Covid-19 ini. Hal tersebut menurut dia sangat penting untuk menjawab persoalan yang terjadi sekaligus melengkapi stimulus pemerintah pusat yang lebih mengarah pada penangan tanggap bencana.

Menurut Dwi saat ini dilaporkan banyak perusahaan mulai merugi. Mau tak mau, pemutusan hubungan kerja (PHK) menjadi pilihan yang tak terelakkan bagi sejumlah perusahaan.

Di DIY sendiri, dari total 216.803 pekerja, sudah ada 264 pekerja yang di PHK dan 9.599 pekerja yang di rumahkan (data per-31 Maret 2020). Ini belum terhitung pekerja sektor informal tentunya yang jumlahnya bisa ribuan pekerja.

“Salah satu upaya pemerintah pusat menghentikan penyebaran virus dengan berencana memberikan jaringan pengaman sosial kepada para pekerja yang terdampak Covid-19, salah satunya dengan optimalisasi kartu pra-kerja, di luar model-model bantuan lainnya, seperti : PKH, Kartu Sembako, dan lain sebaginya. Harapannya, agar kampaye untuk terus berdiam diri di rumah lebih efektif. Pertannyaannya, ketika proyeksi ekonomi pertumbuhan global diperkirakan turun -2,2% s/d -1,1%, apakah model bantuan (carety) menjadi instrument paling efektif,” ungkapnya melalui rilis tertulis Senin (13/4/2020).

BERITA REKOMENDASI