Dewan Siap Fasilitasi Warga Penggarap PA Ground

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Usai menemui perwakilan Pemda DIY di Kepatihan, massa penggarap Pakualaman Ground (PA) Ground menemui anggota dewan di DPRD DIY, Kamis (15/09/2016). Mereka menyampaikan aspirasi sama yakni kejelasan ganti rugi bagi penggarap yang menilai telah menaikkan produktifitas lahan di kawasan Kulonprogo yang terdampak bandara baru.

Massa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Penggarap Lahan Pesisir (FKPLP) tersebut secara langsung ditemui Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana. Ditemui wartawan usai menerima perwakilan warga, Yoeke mengatakan pada prinsipnya dewan siap memfasilitasi aspirasi warga Kulonprogo tersebut.

Menurut Yoeke, permintaan warga agar bisa mendapatkan bagian dari tanah yang telah dikelola sejak tahun 70-an akan segera memanggil pihak Pura Pakualaman dan Pemda DIY guna membahas permasalahan para penggarap. "Aspirasi mereka sudah masuk ke dewan, DPRD berharap ada tanggapan dari Pura Pakualaman dan tidak didiamkan, kami harap ada kejelasan sebelum mereka harus pindah," ungkapnya.

Dalam waktu dekat, dewan segera mengirimkan surat ke Pemda dan Pura Pakualaman untuk membahas penyelesaian masalah tersebut. "Surat segera kami kirimkan ke Pura dan Pemda, kami bermitta dengan eksekutif untuk membicarakan dengan Pura," imbuhnya.

Warga sendiri tak memiliki landasan hukum untuk menuntut 'balas jasa' atas penggarapan lahan yang mereka nilai dalam keadaan kritis sebelum tahun 70-an. Mereka hanya mengharapkan kompensasi atas apa yang mereka lakukan di lahan milik Pakualaman tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI