Di Jogja Muncul Suara Burung Kedasih, Mitos Datangnya Pageblug?

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Beberapa waktu terakhir masyarakat di Yogyakarta bahkan yang tinggal di kawasan padat pemukiman kerap mendengar suara kicauan burung Kedasih atau Kukuk. Suara Kedasih yang cukup khas namun terkesan ‘ngeri’ ini kerap dihubungkan dengan hal-hal buruk termasuk pageblug yang kini tengah dialami.

Suara Kedasih biasanya kerap terdengar muncul di gunung ataupun hutan. Tak heran munculnya suara Kedasih di kawasan pemukiman mengundang tanda tanya, dan dihubungkan dengan sesuatu yang tak baik.

KRjogja.com mencoba mencari jawaban tentang burung Kedasih atau Kukuk ini. drh Slamet Raharjo, Pengajar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKH UGM yang juga Wakil Direktur Bidang Pendidikan Rumah Sakit Hewan Prof Soeparwi FKH UGM mencoba memberikan jawaban terkait burung yang ternyata berasal dari kawasan Asia Daratan tersebut.

Menurut Slamet, Kedasih oleh masyarakat Jawa selama ini memang diidentikkan dengan misteri dan mitos datangnya pageblug. Menurut Slamet, hal tersebut dikarenakan kemunculan Kedasih yang bebarengan dengan musim pancaroba, di mana bermunculan penyakit infeksi menyerang masyarakat seperti saat pandemi Covid-19 ini.

BERITA REKOMENDASI