Di Kulonporogo, Bayi Lahir Langsung Dapat Tiga Dokumen

WATES, KRJOGJA.com – Pelayanan Three in One bagi kelahiran bayi di RSUD Wates diberlakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kulonprogo. Anak yang lahir langsung mendapatkan tiga dokumen kependudukan, yaitu dimasukkannya dalam Kartu Keluarga (KK), serta mendapatkan Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA). 

Menurut Kepala Dinas Dukcapil Kulonprogo Drs Djulistyo, mekanisme kelahiran di RSUD Wates, sebelum anak lahir, orang tua sudah memberikan identitasnya, yang belum diisi hanya jenis kelamin, tanggal lahir, dan nama bayi. Tapi yang lain semua sudah terdata pihak rumah sakit. "Begitu anak lahir, langsung dientry dan diupload masuk Web Dukcapil dan setelah dilakukan verifikasi, maka langsung penerbitan meliputi dimasukkan anak ke KK, dan ini menjadi dasar diterbitkannya dua produk dokumen kependudukannya, yaitu Akta Kelahiran dan Kartu Indentitas Anak (KIA)," ujarnya, Kamis (08/06/2017).

Selain Three ini One Kependudukan Bayi Lahir, Disdukcapil juga memberikan pelayanan penerbitan Akta Kematian dan Data Kependudukan Online. Masyarakat tidak perlu lagi wira wiri dalam mengurus Akta Kematian. Cukup membawa persyaratan dari desa ke Dinas Dukcapil, nanti akan mendapat dua produk, yakni diubah KK-nya (KK lama nama yang meninggal dicoret dan diterbitkan KK baru) dan Akta Kematian.

"Kalau dulu setelah dari desa masih harus ke kecamatan minta dicoret dulu dan baru ke Dukcapil, sebenarnya dengan cara ini  juga tidak masalah. Namun sekarang dari desa bisa langsung ke Dinas Dukcapil," kata Djulistyo. (Wid)

BERITA REKOMENDASI