Di Kuncen, Tangkap Maling Motor Dapat 1 Juta

YOGYA, KRJOGJA.com – Maraknya aksi pencurian kendaraan bermotor di wilayah Kota Yogyakarta belakangan ini membuat warga masyarakat semakin resah. Namun, bukannya kehilangan akal, polisi pun melakukan aksi menarik sekaligus menggelitik yakni menggelar sayembara memberikan uang Rp 1 juta bagi siapa saja yang bisa menangkap pencuri motor.

Salah satu kebijakan unik tersebut tampak di Tegalmulyo Pakuncen Wirobrajan, Jumat (22/9/2017). Sebuah spanduk bertuliskan kata-kata Bahasa Jawa terpasang di dekat papan pengumuman jalan kampung tepatnya di RT 10 RW 02 Tegalmulyo.

Isinya, ternyata cukup menggelitik yakni “Sopo sing biso nyekel maling motor neng wilayah Wirobrajan entuk hadiah Sejuta Rupiah (Rp 1.000.000) seko Kapolsek Wirobrajan (iki ora apus-apus nek ra percoyo buktikno dewe)”. Spanduk berwarna kuning tersebut tertempel di pos info RW 02 Tegalmulyo Permai dan terlihat jelas lengkap dengan gambar orang mengendarai motor bertuliskan curanmor (coret) tertanda Binmas Polsek Wirobrajan.

Heri Cahyono, salah satu warga Tegalmulyo Pakuncen kepada KRjogja.com mengungkap spanduk tersebut sudah terpasang sekitar seminggu kebelakang. Menurut dia, spanduk tersebut cukup unik sekaligus menggelitik bagi warga untuk bergotong-royong menjaga keamanan kampung.

“Kurang lebih sudah semingguan terpasang dan memang menurut saya cukup menarik karena bisa membuat warga semakin waspada tapi juga menciutkan nyali yang akan maling,” ungkapnya.

Sementara Kapolsek Wirobrajan Kompol Endang Sulis Kurniati mengatakan spanduk tersebut memang sengaja dipasang untuk menggugah kesadaran warga setempat. Pasalnya, sejak tujuh bulan lalu Polsek Wirobrajan merasa gerah banyaknya aksi curanmor yang salah satunya disebabkan karena kelalaian warga.

“Itu (spanduk) adalah ide saya yang dulu pernah saya lakukan saat menjadi Kanit Binmas di Polsek Cilandak, alasannya karena tahun 2017 ini kasus curanmor di wilayah saya cukup banyak, ada enam kasus dan berhasil diungkap dua. Karena itulah kami membuat spanduk sekaligus menggugah kesadaran warga agar menjaga kawasan lingkungannya,” ungkapnya ketika dihubungi KRjogja.com. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI