Di Tengah Pandemi 39.000 Wisatawan Banjiri DIY, Berikut Faktanya

YOGYA, KRJOGJA.com –  Destinasi wisata di DIY yang beragam dengan ciri khas masing-masing, menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Karena itu, tidak mengherankan meski pandemi Covid-19 belum mereda, namun animo wisatawan untuk berwisata di DIY cukup tinggi. Berikut faktanya :

1. Dibanjiri 39.000 Wisatawan

Pada akhir pekan pertengahan Agustus 2020 kemarin atau Minggu (16/8), jumlah wisatawan yang mengunjungi berbagai objek wisata di DIY mencapai 39.000 orang. Angka ini merupakan jumlah kunjungan tertinggi selama pandemi Covid-19.

”Kunjungan wisatawan ke DIY dalam beberapa hari terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan. Bahkan jika dibandingkan pekan-pekan sebelumnya, kemarin yang paling tinggi. Berdasarkan data di Visiting Jogja, jumlah pengunjung dalam sehari lebih dari 39.000 orang (mendekati 40.000 orang). Sedangkan jumlah objek wisata yang sudah menyatakan siap sebanyak 51 destinasi. Kalau dilihat profil wisatawannya, nomor satu (jumlah terbanyak) tetap dari DIY, kemudian Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo di Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (18/8).

2. Mayoritas Lokal

Menurut Singgih, meski mayoritas wisatawan yang membanjiri sejumlah destinasi wisata ini masih berasal dari DIY dan sekitarnya, namun apabila dilihat secara grafik, wisatawan dari luar DIY jumlahnya sudah mulai menunjukkan
peningkatan signifikan. ”Nomor satu tetap DIY, baru setelah itu Jateng, Jatim, Jabar, DKI. Sedangkan dari provinsi lain ada tapi kecil-kecil. Mudah-mudahan pandemi Covid19 segera berakhir, sehingga pariwisata DIY bisa segera pulih.

BERITA REKOMENDASI