Di Tengah Pandemi 39.000 Wisatawan Banjiri DIY, Berikut Faktanya

3. Butuh Sikap Proaktif  Wisatawan dan Pengelola

Sementara itu terkait banyaknya pengunjung dan kerumunan yang terjadi di kawasan Malioboro, Singgih menyatakan, selain sikap proaktif dari pengelola dalam menerapkan protokol kesehatan, perlu pula penegakan kedisiplinan dari wisatawannya sendiri. Pasalnya, jika hanya mengandalkan petugas yang ada di lapangan tidak mungkin, karena personelnya terbatas.

Walaupun untuk kawasan Malioboro hingga saat ini masih bisa berjalan dengan normal berkat penerapan protokol kesehatan oleh petugas, namun jangkauan di lokasi wisata seperti pantai, sangat terbatas jika hanya mengandalkan petugas saja.

”Saya kira jika hanya mengandalkan sepenuhnya kepada petugas tanpa disertai kesadaran dari wisatawan, tidak akan optimal. Untuk itu yang dibangun adalah kesadaran wisatawan juga, bagaimana saat mereka berada di ruang publik atau destinasi wisata, wajib menerapkan protokol kesehatan secara baik,” ungkap Singgih. Singgih menjelaskan, dari 39.000 wisatawan tersebut pemasukan dari tiket mencapai hampir Rp 150 juta. (Ria)

BERITA REKOMENDASI