Dibantu Pembaca KR, Pengasong Malioboro Bertahan di Tengah Keterpurukan

YOGYA, KRJOGJA.com – Dampak pandemi virus Korona (Covid-19) hampir merata di semua aspek. Yogya sebagai kota pariwisata termasuk yang paling terdampak di banding daerah lain karena roda ekonomi ditopang oleh kunjungan wisatawan. Tak pelak, pengasong Malioboro pun harus bertahan di tengah keterpurukan setelah dua bulan tidak bisa beraktivitas seperti biasa.

“Usaha kami sangat mengandalkan para wisatawan. Sudah dua bulan ini teman-teman mencoba bertahan. Bersyukur, ada pihak terutama KR yang ikut mempedulikan kami,” tandas Ketua Paguyungan Pegasong Malioboro Budiman, usai menerima bantuan Pembaca KR, Jumat (22/5).

Bantuan yang dihimpun dari Dompet KR ini berisi paket sembako mulai dari beras, teh, minyak goreng dan lainnya. Total terdapat 181 paket, sesuai jumlah anggota Paguyuban Pengasong Malioboro yang tersebar di 12 kelompok.

Budiman mengaku, pihaknya merupakan kasta terkecil dari komunitas yang ada di Malioboro. Akan tetapi, justru kerap menjadi corong informasi bagi wisatawan. Hal ini karena para pengasong yang terus bergerak di sepanjang Malioboro sehingga kerap dimintai informasi wisatawan terkait arah maupun lokasi tertentu. “Kami juga berupaya kompak dan menjaga kenyamanan sesuai binaan UPT Malioboro,” akunya.

BERITA REKOMENDASI