Didatangi Warga, Banyak Instansi Berikan Pelayanan di PMPS

YOGYA, KRJOGJA.com – Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2018 dimanfaatkan oleh banyak instansi pemerintahan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya layanan kesamsatan kolaborasi tiga instansi yaitu Ditlantas Polda DIY, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY dan PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Yogyakarta. 

Kepala Bidang Anggaran Pendapatan DPPKA DIY Gamal Suwantoro mengatakan, stan DPPKA bertempat di anjungan Pemda DIY di arena PMPS 2018. Layanan utama kesamsatan yang diberikan di stan DPPKA adalah pengesahan ulang tahunan pajak kendaraan bermotor berikut pembayaran pajaknya. "Keuntungan bayar pajak kendaraan bermotor di stan DPPKA ini, prosesnya cepat, tidak mengantre dan tentunya bisa menikmati sekaten," terang Gamal kepada KRJOGJA.com, Sabtu (3/11/2018).

Dijelaskan Gamal, saat ini pembayaran pajak kendaraan bermotor dilakukan secara online untuk semua wilayah di DIY. Persyaratannya cukup membawa STNK dan KTP asli tanpa perlu difotocopy dan tentunya membawa uang untuk pembayaran pajak. "Kita kerahkan 9 personil untuk memberikan pelayanan, ada dari kepolisian, DPPKA, Jasa Raharja dan petugas dari Bank BPD DIY yang mengurusi masalah keuangannya," katanya.

Menurut Gamal, sejak 27 Agustus 2018 kemarin proses perpanjangan STNK 5 Tahunan online se-DIY. Masyarakat yang hendak perpanjangan STNK, bisa datang ke Samsat dan Samsat Pembantu Terdekat. Selain itu ada layanan E-Samsat yang diberikan oleh Bank BPD DIY, sehingga pembayaran pajak bisa dilakukan lewat ATM. "Karena sistemnya sudah online, masyarakat dari Bantul, Sleman, Kota Yogya, Kulonprogo atau Gunungkidul bisa membayar di Samsat manapun di DIY," pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI