Didi Kempot, Artis Besar yang Tidak Pernah ‘Ngartis’

Editor: KRjogja/Gus

“Kemampuan mas Didi mengajak orang patah hati untuk berjoget, yang membuat ia disukai dimanapun. Bahkan di tempat dimana bahasa sehari-harinya bukan bahasa Jawa” kata Soimah kepada KR, Selasa (5/5) kemarin.

Bahwa Didi Kempot selalu dielu-elukan oleh fansnya yang menamakan Sobat Ambyar, diakui siapapun sebagai pesona meastro campur sari itu. Pelawak Tarzan malah mengharapkan setidaknya warga Surakarta bisa memasang bendera setengah tiang untuk Didik Kempot.

“Ia penyanyi yang juga membawa nama Surakarta dan bahasa Jawa ke manapun. Termasuk ke Suriname” kata Tarzan. Beberapa kali di Bandara, Tarzan selalu mengatakan jaga kesehatan karena tahu mobilitas tinggi penyanyi tersebut. Kalau sebulan ada 30 hari, Didi Kempot bisa pentas lebih dari 30, karena permintaan untuk pentas sangat banyak.

Bagi seniman Butet Kartaredjasa, juga nerasakan kehilangan karena Didi Kempot belum ada penggantinya dan meninggal di puncak karier. Didi Kempot merupakan sosok kesejatian seorang seniman yang eksistensinya karena kegigihan sampai mendapat pengakuan masyarakat. Bukan instan tapi dilewati dengan proses pahit getir. Juga berjiwa sosial, rendah hati, hidup lurus.

BERITA REKOMENDASI