Didi Kempot, Artis Besar yang Tidak Pernah ‘Ngartis’

Editor: KRjogja/Gus

Bahkan menurut penyanyi asal Gunungkidul ini, almarhum Didi Kempot merupakan sosok legendaris yang patut dicontoh. Kepada pekerja seni yang ditemui, tanpa pandang bulu Mas Didi Kempot selalu merangkul sebagai saudara.

“Saya sendiri kenal sudah lama sejak awal karir 1998. Hanya saja baru bisa satu panggung sama Mas Didi pada 2001. Setelah itu seringkali kerja bareng di berbagai event. Tidak terhitung berapa kali pentas bareng Mas Didi,” ucapnya.

Mengenai karya-karya Didi Kempot, menurut Tedjo sangat melegenda, sehingga cepat diterima semua kalangan, mulai anak kecil hingga orangtua. Syairnya dikemas apa adanya, mudah dipahami dan enak didengar.

Sedangkan pencipta lagu bernuansa Jawa asal Wonogiri, Badre, mengakui selama ini mengenal baik sosok Didi Kempot. Baginya, Didi Kempot merupakan seniman sejati, sederhana, tidak membeda-bedakan satu dengan yang lain.

Kedekatan Badre tidak diragukan karena sejak 2008, ia ikut tinggal di studio Didi Kempot. Bahkan, beberapa lagu karya Badre sempat dibawakan almarhum. “Sejauh ini belum ada sosok yang bisa menggantikan beliau dengan talenta luar biasa,” ucap Badre.

Dalam beberapa waktu ini, keduanya juga pernah terlibat kerjasama satu album religi yang khusus tayang di Suriname bertajuk Sunan Kalijaga.

Penyanyi sekaligus pencipta lagu Yogyakarta Kodhe Mondoliko mengakui Didi Kempot menjadi kiblat musik campursari di Indonesia. “Saya mengenal beliau dan pernah sepanggung. Orangnya sangat hangat, enak dan bersahabat,” ucap Kodhe. (Cil, Ewp, Feb)

BERITA REKOMENDASI