Digelar di 343 Desa, Pilkades Serentak Rawan Konflik

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan digelar di 343 desa di seluruh kecamatan di Kabupaten Purworejo akhir bulan ini dinilai memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi dan berpotensi menimbulkan konflik horizontal. 

Mengingat masyarakat pemilih berdomisili, yang mungkin berbeda pilihan berada di desa yang sama. Karena itu, warga desa harus diberikan pemahaman dan kesadaran, untuk bisa menghormati pilihan warga desa lainnya dan menerima hasil Pilkades dengan legowo. 

“Masyarakat harus diberikan pengertian agar tidak mudah terpengaruh oleh hasutan atau fitnah yang dapat menimbulkan keresahan. Kalah atau menang dalam sebuah mekanisme yang demokratis adalah hal biasa yang harus disikapi secara bijaksana,” kata Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, Selasa (29/1).

Dalam gelar apel pergeseran pengamanan Pilkades serentak 2019 yang berlangsung di Jalan Proklamasi, depan Kantor Dinas Bupati Purworejo, Indra Kurniawan Mangunsong meminta agar setiap anggota pengamanan harus bersikap netral dalam melakukan pengamanan Pilkades, sehingga seluruh masyarakat bisa merasa nyaman dalam memberikan suaranya. 

"Apabila muncul persoalan di lapangan, agar segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang berwenang, agar persoalan bisa terselesaikan dengan baik,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Linmas dan Pemadan Kebakaran (Satpol PP Linmas dan Damkar) Purworejo Budi Wibowo SSos MSi menambahkan, untuk pengamanan Pilkades ini telah disiagakan 800 personil dari Linmas, TNI dan Polri yang akan segera bergeser ke lokasi. (Nar)

BERITA REKOMENDASI