Diikuti Atlet Seagames, DIY Tuan Rumah Kejurnas Judo Kartika Cup 2019

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tak kurang 600 atlet dari 28 provinsi Indonesia bakal turun dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kartika Cup XII 2019, 26-28 Juli di GOR Amongraga. Atlet-atlet penghuni Pelatnas Seagames dipastikan bakal tampil untuk berebut juara sekaligus predikat terbaik di Indonesia.

Wakil Ketua Penyelenggara Kejurnas Judo Kartika Cup 2019 yang juga Komandan Denpom IV/2 Yka, Amal Tarigan mengungkap hingga Rabu (24/7/2019) hari ini tercatat 28 provinsi telah menyatakan keikutsertaan dengan total atlet mencapai 600 orang. Beberapa kelompok umur akan dipertandingkan termasuk kelas paling bergengsi senior baik putra maupun putri.

“Peserta kali ini sekitar 600 atlet dari 28 provinsi di Indonesia. Pertandingan selama tiga hari meliputi Cadet KU 18 tahun, Junior 19-21 tahun, Senior 21 tahun keatas. Masing-masing mempertandingkan 8 kelas dan juga dipertandingkan pula Nageno-Kata untuk putra dan Yuno-Kata untuk Putri,” ungkapnya dalam temu media di Markas Denpom IV/2 Yka Rabu (24/7/2019).

Sekretaris Panitia Kejurnas Judo Kartika Cup 2019 Nugroho Swasto menambahkan dalam kejuaraan kali ini tim Pelatnas Judo yang tengah dipersiapkan menuju Seagames Manila 2019 akan ikut bertanding. Hal tersebut dilakukan sebagai ajang pemanasan para atlet terbaik Indonesia sebelum turun di level internasional.

“Sudah dikonfirmasi PB Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) seluruh atlet pelatnas Seagames akan turun sebagai salah satu sarana ujicoba sebelum nanti bertanding di Filipina. Nanti sangat mungkin juga terjadi promosi dan degradasi atlet yang menang di kejurnas ini jika diluar pelatnas bisa dipromosikan seperti yang terjadi pada Asian Games lalu. Kita lihat saja nanti keseruannya,” ungkap pria yang akrab disapa Manthuk ini.

Sementara Ketua Pemprov PJSI DIY, Pradipto menyampaikan dalam kejurnas kali ini pihaknya merasa begitu terhormat ditunjuk sebagai kota penyelenggara. Untuk itu, dalam kejurnas dipertandingkan pula kelas Cadet dan Junior sebagai wujud regenerasi pejudo tangguh Indonesia.

“Kartika Cup ini kejuaraan yang poinnya paling besar di Indonesia sehingga diikuti mayoritas daerah dan kami sangat bangga bisa ditunjuk PB sebagai tuan rumah. Namun selain kelas senior, juga tetap diselipkan pembibitan melalui pertandingan kategori Cadet dan Junior,” tandas dia. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI