Diiringi Angklung Jalanan, Polisi ‘Goyang’ Atur Lalu-Lintas

YOGYA (KRjogja.com) – Suasana di kawasan Jalan Abu Bakar Ali tepatnya di depan Pos Teteg tampak berbeda, Kamis (22/9/2016) pagi. Beberapa polisi lalu-lintas dari Polda DIY tampak asyik mengatur lalu-lintas dengan iringan lagu dangdut angklung jalanan.

Sambil meniup peluit, mereka bergoyang senada dengan laju alur lalu-lintas dari barat menuju timur di Jalan Abu Bakar Ali. Gerakan mereka terlihat luwes seolah sangat menikmati alunan musik dangdut tersebut.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Polisi MH Ritonga mengatakan musik angklung jalanan tersebut sengaja dimainkan untuk memeriahkan suasana puncak HUT Polantas ke-61. "Kami ingin memberikan sesuatu yang berbeda untuk masyarakat di Kota Yogyakarta, kali ini atur lalu-lintas dengan hiburan angklung jalanan," terangnya.

Tak hanya mengatur lalu-lintas, beberapa polisi juga terlihat memainkan alat musik yang sebagian merupakan hasil kreasi komunitas angklung jalanan tersebut. "Kita ingin dekatkan polisi dengan masyarakat, jadi mungkin inilah salah satunya," lanjutnya.

Sementara itu, harapan komunitas angklung jalanan pun muncul di mana saat ini tercatat ada 14 komunitas di kawasan Kota Yogyakarta. "Kami berharap ada penataan dari instansi terkair, di mana kami bisa bermain dengan aman dan nyaman, karena ini mata pencaharian kami," terang Yanto dari komunitas Putra Remaja. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI