Dijadikan Alasan PSSI, Ini Penjelasan BPPTKG Soal Merapi

YOGYA, KRJOGJA.com – PSSI menyampaikan alasan FIFA tak memilih DIY sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 karena kekhawatiran adanya aktivitas Gunung Merapi. Hal tersebut ditanggapi beragam, tidak sedikit yang menilai alasan itu terlalu mengada-ada.

Pegiat sepakbola di DIY, Kuncoro Mangkunegoto sempat menyampaikan kekecewaan lantaran alasan PSSI. Padahal, sampai sekarang FIFA belum memberikan keputusan terkait venue yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun depan.

Dari sisi aktivitas Merapi, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Badan Geologi Kementrian ESDM, Hanik Humaida menyebut sampai saat ini aktivitas Merapi masih berada dalam status waspada atau Level II. Hanik menyampaikan jarak aman dari ancaman erupsi berada 3 kilometer dari puncak Merapi.

“Masyarakat tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa di luar radius 3 kilometer dari puncak Merapi. Namun tetap kewaspadaan tentunya tetap dilakukan,” ungkap Hanik ketika dihubungi KRjogja.com, Minggu (5/7/2020).

BERITA REKOMENDASI