Dilantik, Anggota DPRD DIY Baru Tak Kenakan Jas Mahal

YOGYA, KRJOGJA.com – Anggota DPRD DIY terpilih periode 2019-2024 akan menjalani pelantikan Senin (2/9/2019) mendatang. Kali ini, wakil rakyat DIY tak akan mengenakan setelah jas mahal Pakaian Sipil Lengkap (PSL) lantaran Sekretariat DPRD DIY tidak mengalokasikan anggaran. 

Baca Juga: Arifah Apriliani, Anggota DPRD Kabupaten Magelang Termuda

Kepala Bagian (Kabag) Humas Sekretariat DPRD DIY Budi Nugroho mengatakan pihaknya sengaja mencoret anggaran pengadaan sebagai langkah kehati-hatian dalam memahami Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2017. Menurut dia, dalam peraturan tertuang bahwa anggota DPRD dalam satu periode diberikan PSL dua kali sementara sekretariat memahami sebelum pelantikan maka 55 anggota terpilih masih merupakan calon. 

“Dalam PP itu mengamanatkan bahwa anggota DPRD dalam satu periode diberikan PSL dua kali. Sementara pemahaman kami sebelum dilakukan pelantikan (55 orang) masih sebagai calon anggota dewan belum sebagai anggota dewan. Jadi tidak dialokasikan anggaran,” ungkapnya Kamis (29/8/2019). 

Dengan tidak adanya biaya jas 55 anggota dewan, maka anggaran untuk pelantikan turun drastis sebesar Rp102.130.000. Besaran nominal tersebut diantaranya digunakan untuk hidangan, sewa kursi, sewa tenda, backdrop, taman panggung dan prasarana lainnya. 

Baca Juga: Faktor Usia, Dua Jemaah DIY Wafat di Makkah

Sementara menanggapi alokasi anggaran pelantikan tersebut, anggota Komisi C DPRD DIY Huda Tri Yudiana yang juga terpilih kembali di periode 2019-2024 menyampaikan setuju dengan langkah sekretariat dewan. "Lebih baik kita irit anggaran dari pada pemborosan dan apalagi ada potensi menyalahi aturan. Paling penting dari pelantikan adalah pengambilan sumpah janji seluruh anggota DPRD DIY periode 2019-2024. Kesederhanaan prosesi pelantikan diyakini akan lebih memberikan kesan kapada seluruh wakil rakyat bahwa mereka dilantik untuk perjuangan. Bab jas dan perlengkapan lainnya insya allah semua bisa memenuhi aturan protokoler meskipun tanpa pengadaan oleh sekretariat,” ungkap dia ketika dihubungi wartawan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI