Dilantik Secara Daring, Mantan Dekan UGM Jadi Dirjen Kemendikbud

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Mantan Dekan Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto dilantik menjadi Dirjen Pendidikan Sekolah Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (08/05/2020). Pelantikan dilaksanakan secara daring dipimpin Mendikbud, Nadiem Makarim.

Pelantikan Wikan dibarengkan dengan pelantikan pejabat Kemendikbud serta anggota Lembaga Sensor Film periode 2020-2024 melalui daring. Nadiem mengatakan pejabat-pejabat yang dilantik diharapkan bisa memberikan buah pemikiran dan pengalaman terbaik selama mengabdi pada negara.

Menurut Nadiem, harus ada penyesuaian dari seluruh pejabat di masa sekarang ini dengan mengedepankan kreasi serta inovasi demi memajukan bangsa. “Para pejabat baru diharapkan segera berkoordinasi internal dan melakukan tugas sesuai kondisi terkini, kreatif dan inovatif menjawab berbagai tantangan khususnya merdeka dalam belajar,” ungkap Nadiem.

Sementara Wikan Sakarinto secara terpisah mengaku tugas yang diembannya tidaklah ringan lantaran pendidikan vokasi di Indonesia memiliki tantangan panjang kedepan. Vokasi menurut dia memiliki potensi untuk menguatkan Indonesia namun harus terus disempurnakan serta tetap berkelanjutan kedepan.

“Arahan dari Kemendikbud adalah untuk menyempurnakan link and match antara pendidikan vokasi dengan industri yang sebenarnya sudah dilaksanakan. Jangan hanya selesai pada MoU saja, tapi harus mendalam dan berkelanjutan dengan tujuan yang menguntungkan semua pihak,” ungkapnya.

Salah satu yang juga penting menurut Wikan adalah kemampuan vokasi untuk menciptakan enterpreneur yang bisa menguatkan Indonesia kedepan. “Ini salah satu pilar kehebatan bangsa dan vokasi harus bisa mewujudkan hal tersebut,” pungkas Wikan yang juga dikenal sebagai produser film Tengkorak ini. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI