Dinihari, Merapi Semburkan Asap Setinggi 6000 Meter

YOGYA, KRJOGJA.com – Gunung Merapi kembali mengeluarkan letusan freatik Kamis (24/5/2018) dinihari pukul 02.55 WIB. Selama 4 menit, Merapi mengeluarkan kolom asap setinggi 6000 meter dan mengarah ke barat. 

Dari pernyataan resmi melalui akun twitter @BPPTKG diketahui saat letusan tersebut terdengar gemuruh dari berbagai pos pengamatan di seputaran Gunung Merapi. Dalam letusan kali ini, petugas sempat mengamati adanya kepulan asap dan pijar visual berwarna sinar merah di belakang awan mendung. 

Meski demikian belum dapat dipastikan apa sinar merah yang muncul tersebut. BPPTKG DIY sendiri mengatakan baru akan memberikan pernyataan melalui rilis pagi ini. 

Akibat letusan tersebut dilaporkan beberapa wilayah di Magelang, Muntilan hingga Purworejo mengalami hujan abu dan pasir. Salah satunya di Desa Sumber, Dukun Magelang yang mengalami hujan pasir pukul 03.48 WIB tadi. 

Masyarakat diminta tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa, status masih tetap Level II, Waspada. BPPTKG juga mengeluarkan himbauan masyarakat untuk mengenakan masker dan pelindung dari abu vulkanik Merapi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI