Dinkes DIY Siapkan Posko Kesehatan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Banyaknya wisatawan yang datang ke DIY untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, menjadi salah satu fokus perhatian dari Dinas Kesehatan DIY. Untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang sedang merayakan liburan di DIY, Dinas Kesehatan DIY bersama dengan Polda, Dinas Perhubungan, PMI serta stakeholders terkait lainnya, menyiapkan Posko Pelayanan Kesehatan Terpadu.

”Posko kesehatan ini tersebar di semua kabupaten dan kota di wilayah DIY. Memang untuk Natal dan Tahun Baru ini, jumlah Poskonya tidak sebanyak saat Lebaran, tapi untuk fasilitas dan layanan tetap sama. Selain di objek wisata, posko kesehatan ini juga ada di stasiun kereta api, bandara, Titik Nol, Tugu serta beberapa gereja,” kata Kepala Dinas Kesehatan DIY, dr Pembayun Setyaningastutie MKes di Yogyakarta.

Baca juga :

Pribadi Sederhana Berkualitas Internasional
Bus Tidak Dilarang Naik Lewat Imogiri

Menurut Pembayun, pihaknya selalu membuka posko layanan kesehatan. Pihaknya juga menyiagakan sejumlah puskesmas yang buka selama 24 jam. Puskesmas tersebut diantaranya Puskesmas Tegalrejo, Puskesmas Jetis, Puskesmas Temon I, Puskesmas Sentolo I, Puskesmas Galur II serta beberapa puskesmas yang lain.

”Personel yang bersiaga di posko layanan kesehatan sengaja dibagi dalam beberapa shift. Kebanyakan dari mereka adalah tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Rumah Sakit Umum baik milik pemerintah maupun swasta. Mengingat posko kesehatan ini buka selama 24 jam, wisatawan atau siapapun yang membutuhkan pertolongan bisa langsung ke posko,” ungkap Pembayun.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang di dalamnya termasuk wisatawan untuk menjaga kebersihan dan mewaspadai terhadap penyakit pencernaan seperti diare. Di samping itu, bagi mereka yang berwisata ke laut terutama Pantai Selatan Gunungkidul juga harus waspada terhadap ubur-ubur. (Ria)

BERITA REKOMENDASI