Dinkes Tekan DB dengan Nyamuk berWolbachia

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan Kota Yogya mengenalkan berbagai program dan kegiatan unggulan di Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) anjungan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. Salah satu program unggulan yang dipernalkan adlah upaya pembasmian virus Demam Berdarah (DB) melalui proyek pelepasan nyamuk ber-Wolbachia.  

"Eliminate Dengue Project (EDP), pencegahan penyebaran demam berderah dengan menggunakan nyamuk ber-Wolbachia  saat ini memasuki fase ketiga pemantauan hasil, dan resmi berganti menjadi World Mosquito Program (WWP) Yogyakarta," papar petugas stan Arief Rachman Hakim Ners, dalam keterangannya, Jumat (9/11/2018) malam.

Arif menyebutkan tahun 2011 – 2013 diujicobakan dengan menyebar nyamuk ber-Wolbachia, bahkan saat perkawinan dengan nyamuk pembawa DB (Aedes Aegypti) bisa dinetralisir secara alami. "Pada 2015-2017 di Kota Yogya dilakukan penyebaran telur nyamuk ber-Wolbachia, 2018-2020 pemantauan hasil, dengan melihat dampak pelepasan nyamuk ber-Wolbachia terhadap penurunan kasus DB. Saat ini baru masuk penghujan sehingga baru mulai memantau," jelasnya. 

Selain itu Dinas Kesehatan juga menampilkan Tanaman Obat (TOGA) dari RSUP dr Sardjito, Index Masa Tumbuh dan berbagai layanan kesehatan lainnya. (M-3)

BERITA REKOMENDASI