Dipandu dari Masjid, Warga Kauman Takbiran Di Depan Rumah Malam Nanti

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Warga masyarakat Kauman memastikan tidak akan melaksanakan takbir keliling ataupun berkerumun di kawasan masjid, Sabtu (23/5/2020) malam nanti. Warga akan melantangkan takbir dari depan rumah masing-masing dengan panduan dari pengeras suara Masjid Gedhe Kauman.

Azman Latif, Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman mengatakan pelaksanaan takbir malam nanti akan menjadi yang pertama kali bagi warga Kauman. Seturut rencana, kumandang gema takbir akan dilaksanakan selama satu jam mulai 19.30 hingga 20.30 WIB.

“Alhamdulillah sementara ini tanggapannya sangat antusias ikuti takbir bersama ini. Karena hanya ini yang bisa dilakukan di masa pandemi ini,” ungkap Azman pada wartawan.

Nantinya, warga akan berada di depan rumah masing-masing dan melaksanakan takbir. Mereka tetap di rumah masing-masing akan dipandu sound dari Masjid Gedhe Kauman dan Radio Saka FM.

“Kami sudah sampaikan pada seluruh warga agar berada di depan rumah. Umat Islam punya peran besar dalam pendirian bangsa Indonesia dan paling bertanggungjawab untuk keselamatan bangsa ini,” ungkapnya lagi.

Kebijaksanaan di rumah saja menurut Azman juga berlaku untuk ibadah Sholat Ied dan halal bi halal di momen Idul Fitri. “Sholat juga di rumah saja. Silaturahmi halal bi halal juga kita cukupkan melalu media sosial, untuk memutus rantai penularan,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI