Direktur Pelaksana IMF Temui Sultan HB X, Ada Apa?

YOGYA, KRjogja.com – Setelah blusukan dengan Presiden Joko Widodo di Tanah Abang, Jakarta, Senin (26/2/2018) lalu dan melihat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilincing kemarin pagi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Managing Director of International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde mengunjungi Yogyakarta. Lagarde dan rombongan ditemui oleh Sri Sultan HB X, GKR Bendara, Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Budi Hanoto di Bangsal Sri Manganthi, Keben Kraton, Rabu (28/2/2018).

Lagarde yang mengenakan busana kuning dengan bawahan bermotif batik itu mengatakan dirinya terkesan dengan Indonesia. Ia menilai orang Indonesia ramah dan menyenangkan serta mempertemukannya dengan komunitas finansial yang berperan cukup besar terhadap perekonomian nasional.

"Kedatangan kami ke Yogyakarta merupakan rangkaian kunjungan ke Indonesia selama kurang lebih satu minggu, berkaitan dengan annual meeting IMF dan World Bank Group di Bali bulan Oktober 2018 nanti," ujarnya dalam sambutan. Dalam pertemuannya dengan Gubernur DIY, Lagarde dan rombongan disuguhi berbagai macam kuliner khas Yogyakarta.

Ia tampak antusias mencicipi beberapa makanan, salah satunya Sangga Buwana yang disajikan sembari mendengarkan alunan gending Jawa. Setelah selesai mencoba hidangan, perempuan asal Prancis itu juga diperlihatkan Tari Lawung Jajar, sebagaimana yang dijanjikan Sultan HB X saat menyambut dirinya di Kraton. Ia dan sejumlah delegasi IMF langsung meninggalkan Kraton selepas tarian selesai. Tidak lupa, Lagarde memberikan kenang-kenangan berupa koin bersimbol ayam dan Sultan memberi buku terkait sejarah Kraton Ngayogyakarta kepadanya.

"Tadi kita juga tidak ngomongin apa-apa, biar dia menikmati saja. Semoga di bulan Oktober 2018 itu sukses penyelenggaraan pertemuannya," tandas Sultan ketika ditemui media seusai pertemuan. (M-1)

 

BERITA REKOMENDASI