Disbud Adakan Festival Gilang Lipuro

BANTUL (KRjogja.com) – Keberadaan Situs Gilang Lipuro yang berada di Kompleks Petilasan Gilang Lipuro Gilangharjo Pandak Bantul memiliki ikatan kesejarahan yang kuat dengan berdirinya Kraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman.

Karena itu, penting bagi masyarakat untuk memahami situs tersebut, termasuk filosofi serta pemanfaatannya bagi khalayak yang lebih luas. Hal inilah yang menjadi dasar Dinas Kebudayaan DIY memberikan fasilitasi pada desa yang memiliki situs Kraton Yogyakarta maupun Pura Pakualaman. 

Salah satu cara melalui pelaksanaan 'Festival Situs Gilang Lipuro' yang akan dilaksanakan, Sabtu-Minggu (19-20/11). Berbagai kegiatan akan digelar untuk menyemarakkan kegiatan ini.

"Dalam sejarahnya dulu di kawasan itu akan dibangun kraton. Tapi atas berbagai pertimbangan tertentu akhirnya tidak jadi didirikan dan lebih memilih di Kotagede. Namun situs itu masih ada dan terus diilestarikan masyarakat setempat maupun dari luar daerah yang memiliki ikatan dengan keberadaannya," tutur Kepala Bidang Sejarah, Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan DIY Erlina Hidayati kepada wartawan di Pendopo Dinas Kebudayaan DIY, Kamis (17/11/2016).

Menurut Erlina, di tempat itu masih hidup kegiatan ritual untuk nguri-uri situs yang keberadaannya dianggap penting. Untuk itulah menjadi tanggungjawab Disbud DIY guna memfasilitasi agar lebih banyak dikenal dengan melibatkan semua elemen dan komponen masyarakat. (R-7)

BERITA REKOMENDASI