Disbud DIY Selamatkan Aset Kraton di Luar Daerah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Sebagai tindak lanjut upaya pelestarian warisan budaya dan cagar budaya yang menjadi aset milik Kraton Yogyakarta di berbagai daerah, Dinas Kebudayaan DIY akan melakukan kegiatan travel heritage ke Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, Rabu-Jumat (28-30/09/2016). Dengan kegiatan ini harapannya pemerintah setempat yang terkait dengan aset tersebut bisa ikut menyelamatkan dan melestarikannya.

"Ternyata ada banyak warisan budaya cagar budaya di Trenggalek yang menjadi aset Kraton Yogyakarta. Ada makam mertua Sri Sultan HB I, peninggalan Pangeran Diponegoro hingga peninggalan Jenderal Sudirman," tutur Kabid Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Disbud DIY Dian Laksmi Pratiwi kepada KRjogja.com, Senin (26/09/2016).

Dikatakannya, dengan begitu akan ada hubungan simbiosis mutualisme karena bisa dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata. "Aset tersebut bisa jadi perhatian dan prioritas pemda setempat, Karena bagaimanapun aset Kraton Yogyakarta memiliki nilai penting karena sebagai pusat keistimewaan," jelas Dian. (R-7)

BERITA REKOMENDASI