Disbud DIY Siap Rawat Koleksi Museum

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Kebudayaan DIY tergerak merawat koleksi museum di Yogyakarta setelah berkunjung kedua perguruan di Amerika Serikat yaitu University Yale dan University Wesleyan. Dirinya menyatakan kekaguman terhadap banyaknya koleksi yang berhubungan dengan kebudayaan Jawa seperti koleksi wayang dan sebagainya di museum yang ada di University Yale.

Museum tersebut menyimpan koleksi wayang yang luar biasa dengan kedetailan yang lembut sehingga sangat indah dan sunggingannya serta dirawat dengan sangat baik. “Tidak hanya dirawat, koleksi wayang di museum tersebut menjadi penelitian para siswa di sana. Hal ini merupakan suatu energi tersendiri khususnya bagi Disbud DIY yang tergerak merawat koleksi yang kita punya sekarang dan bisa dijadikan objek penelitian maupun benda yang bisa mengedukasi masyarakat di DIY nantinya," tutur Wakil Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY Singgih Raharjo.

Singgih mengaku apa yang dilihatnya disana itu akan diterapkan untuk pengembangan Museum Sonobudoyo di Yogyakarta. Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan, kunjungan tim dari DIY ke Amerika Serikat mendapatkan respons sangat positif dari masyarakat setempat. Hal itu bisa dilihat dari antusiasme mereka saat menyaksikan pertunjukan wayang, tari klasik.

Kondisi tersebut cukup menguntungkan bagi DIY, karena berbagai kesenian tradisional DIY menjadi semakin dikenal luas oleh dunia internasional. "Dalam kunjungan ke Amerika Serikat kemarin, selain pementasan wayang kulit dan tari klasik di sejumlah kampus di Amerika Serikat. Ternyata mereka memberikan respons cukup positif," ujarnya. (Ira/Ria)

BERITA REKOMENDASI