Disbud Dukung Industri Perfilman di DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Guna menjembatani penciptaan pasar audiovisual dan perfilman di DIY, Seksi Film Dinas Kebudayaan DIY sepenuhnya mendukung program ekshibisi Pameran Potensi Perfilman Yogyakarta (P3Y) 2016 yang akan dilaksanakan di Jogja National Museum (JNM), Minggu – Sabtu (13-19/11/2016). Mengangkat tema 'Industri Yang Lain', kegiatan ini akan menampilkan potensi serta perkembangan audiovisual dan perfilman di DIY.

"Secara umum DIY tidak kekurangan sineas. Banyak yang juga sudah ikut mewarnai industri film tanah air. Namun perlu dibangun kelengkapan infrastruktur perfilman agar siklus yang membentuk industri audiovisual dan perfilman mampu mengalir dengan lancar dari hulu ke hilir," tutur kurator sekaligus Direktur P3Y 2016 Suluh Pamuji kepada wartawan di Aula Lantai II Disbud DIY, Kamis (10/11/2016).

Ditambahkan Suluh, faktir penting untuk melengkapi infrastruktur industri perfilman DIY yakni senergi antara tiga pihak, instansi pemerintah, institusi swasta dan masyarakat perfilman DIY. Sehingga P3Y 2016 hadir untuk memperlihatkan potensi DIY sebagai pusat industri film alternatif di Indonesia.

Terpisah Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono mengakui perkembangan dunia perfilman di Yogyakarta sudah bagus. Bahkan tidak sedikit karya sineas muda Yogya yang mampu unjuk gigi bahkan terpilih sebagai pemenang dalam ajang penghargaan perfilman di Indonesia dan mancanegara.

"Keterlibatan semua pihak menjadi penting. Kami memberikan fasilitas bagi pelaku industri perfilman agar terus menghasilkan karya terbaik. Terlebih film sebagai salah satu industri kreatif yang memiliki prospek cerah di masa mendatang," sebutnya. (R-7)

BERITA REKOMENDASI