Disdikpora DIY Segera Sosialisasikan Persiapan UNBK

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY terus mengintensifkan persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Rencananya, untuk memudahkan koordinasi Disdikpora DIY akan mengundang Dinas Pendidikan kabupaten/kota untuk menyosialisasikan persiapan UNBK, 23 Januari mendatang. Dengan sosialisasi tersebut diharapkan sekolah bisa lebih siap dalam menghadapi UNBK, sehingga adanya kendala teknis bisa diantisipasi lewat awal.

“Untuk jenjang SMK, UNBK akan dimulai pada Maret mendatang. Secara prinsip pelaksanaan UNBK kali ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, bahkan kami berupaya melakukan sejumlah penyempurnaan. Mudah-mudahan dengan cara itu adanya gangguan teknis yang sempat mewarnai pelaksanaan UNBK bisa ditekan,” kata Kabid Perencanaan dan Standardisasi Disdikpora DIY, Didik Wardaya.

Didik mengungkapkan, sesuai dengan keputusan yang ada, tahun ajaran 2018/2019 UNBK tidak hanya diberlakukan bagi sekolah formal, tapi juga nonformal (program kesetaraan). Adapun untuk komputer yang dibutuhkan untuk ujian, apabila sekolah fasilitasnya belum mencukupi, bisa menggabung ke sekolah lain.

Meski harus menggabung ke sekolah lain, siswa selaku peserta UNBK, tidak perlu khawatir karena mereka akan mendapatkan layanan yang sama. “Kalau untuk pendataan peserta UNBK bisa dikatakan sudah mendekati 100 persen. Mengingat pelaksanaan UNBK menggunakan perangkat komputer, untuk mengantisipasi adanya pemadaman listrik kami sudah berkoordinasi dengan PLN. Supaya selama pelaksanaan UNBK tidak terjadi pemadaman listrik,” ungkap Didik.

Lebih lanjut Didik menambahkan, kesuksesan pelaksanaan UNBK tidak hanya ditentukan dari tinggi atau rendahnya nilai yang diperoleh, tapi juga kejujuran siswa. Oleh karena itu, pihaknya tidak akan pernah bosan mengingatkan siswa untuk senantiasa mengedepankan kejujuran saat pelaksanaan ujian. Pasalnya nilai tinggi yang diperoleh tidak akan banyak berarti, apabila diperoleh dengan cara yang tidak jujur. (Ria)

BERITA REKOMENDASI