Dishub DIY Pantau Kesiapan Underpass Kentungan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kesiapan operasional Underpass Kentungan terus dipantau oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DIY. Termasuk melakukan survei kesiapan untuk open traffic. Ada beberapa evaluasi yang perlu dilakukan sebelum Jalan Bawah Tanah Kentungan dibuka untuk masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Tavip Agus Rayanto mengatakan pihaknya telah melakukan survei pada Senin (10/02/2020) lalu. Dari hasil survei ada beberapa evaluasi seperti beberapa perlengkapan keselamatan yang perlu ditambah serta ornamen hiasan dinding yang belum dicat.

”Dari segi keselamatan, pihaknya mengusulkan pemasangan pita penggaduh dan rambu-rambu lalu lintas di sisi pintu keluar Barat dan Timur. Hal ini penting karena ada penyatuan arus lalu lintas dari jalur lambat dan underpass yang berpotensi membahayakan pengguna jalan,” terang Tavip Agus Rayanto.

Selain segi keselamatan, pihaknya juga telah memasang tandon dan pompa untuk mengantisipasi saat turun hujan. Sehingga dipastikan kondisi drainase di bawah underpass berfungsi dengan baik. ”Hal ini bertujuan saat turun hujan tidak mengakibatkan genangan di dalamnya,” imbuh Tavip.

Terkait kapan Underpass Kentungan difungsikan, Tavip mengaku hal tersebut menjadi kewenangan dari PJN atau Pemerintah Pusat. (Aha)

BERITA REKOMENDASI