Dishub Pantau Pendatang dari Luar Kota

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DIY melakukan pemantauan terhadap pendatang yang menggunakan transportasi umum baik bus, kereta api maupun angkutan udara, sekaligus mendirikan Posko Pemantauan Penumpang di stasiun, terminal dan bandara yang ada di DIY. Seluruh pendatang yang menggunakan moda angkutan publik tersebut akan dicek kesehatannya secara langsung dan diwajibkan mengisi formulir identitas diri hingga tujuan yang akan ditinggali selama berada di DIY.

Kepala Dishub DIY Tavip Agus Rayanto menyampaikan, jalur transportasi yang digunakan pendatang ada bermacam-macam yaitu jalur kereta api, pesawat terbang, bus, travel hingga kendaraan bermotor pribadi. Banyaknya moda transportasi yang bisa digunakan ini membuat pihaknya cukup kewalahan untuk memantau pendatang yang memasuki DIY.

“Guna menindaklanjuti arahan Gubernur DIY terkait pendatang di DIY, kami melakukan pemantauan melalui moda angkutan yang resmi yaitu bus dari terminal, pesawat terbang lewat bandara dan kereta api melalui stasiun. Melalui terminal, stasiun dan bandara yang ada di DIY inilah kita melakukan pemeriksaan kesehatan,” ungkap Tavip.

Di samping itu dipersyaratkan semua penumpang angkutan umum mengisi formulir identitas dan tujuan yang akan ditinggali di DIY. Hal ini dilakukan supaya memudahkan tracing apabila terjadi penularan Covid-19.

BERITA REKOMENDASI