Dispar DIY Budayakan Reservasi Via Visiting Jogja

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata (Dispar) DIY terus berupaya melakukan promosi besar-besaran implementasi aplikasi Visiting Jogja secara bertahap guna membudayakan reservasi online sekaligus pembayaran non tunai wisatawan. Selain itu, pihaknya menaruh harapan dengan dibukanya pintu gerbang udara khususnya rute internasional bisa menjadi angin segar bangitnya pariwisata DIY dan ekonomi kreatifnya sebagai tujuan utama wisata di Tanah Air.

Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo menyatakan promosi besar besaran yang dimaksud yaitu mulai dari branding Airasia untuk domestik dan Asia Tenggara dengan branding tempat duduk pesawat. Selanjutnya branding di kereta api melalui broadcast di media sosial dan media massa dalam hal menggunakan Visiting Jogja. Sebab penggunaan aplikasi Visiting Jogja memang mulai mengalami peningkatan saat ini, namun belum terlalu signifikan. Sehingga masih perlu sama-sama di dorong implementasi penggunaan Visiting Jogja terutama di Kabupaten/Kota di DIY.

“Saya melihat, teman-teman di Kabupaten/Kota sudah mau mendorong penggunaan aplikasi Visiting Jogja itu. Hal ini memang butuh waktu dan proses, karena ini memang merubah budaya dari pembayaran on the spot ke reservasi dengan pembayaran tunai menjadi non tunai tidaklah mudah,” tutur Singgih kepada KR di Yogyakarta, Kamis (12/5).

Singgih mengatakan meskipun aplikasi Visiting Jogja sudah diluncurkan dalam kurung waktu dua tahun lalu, namun masih perlu waktu lagi guna membudayakan implementasi penggunaannya. Sistem reservasi melalui Visiting Jogja tersebut juga guna mendukung pembayaran non tunai atau cashless yang tengah digaungkan pemerintah.

BERITA REKOMENDASI