Dispar DIY Siap Tawarkan Paket Wisata Khusus Usai Lebaran

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Dinas Pariwisata (Dispar) DIY berkolaborasi dengan pelaku industri pariwisata di DIY kembali menerapkan skema staycation dengan menyiapkan paket-paket wisata khusus guna mewujudkan pariwisata berkualitas usai libur lebaran nantinya. Sasaran paket-paket wisata khusus yang di bidik yaitu seluruh ASN di lingkungan Pemda DIY, korporat-korporat besar seperti dari BUMN sehingga para pelajar di DIY. Program tersebut merupakan upaya untuk menggerakan ekosistem pariwisata di DIY.

Kepala Dispar DIY Singgih Raharja mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan seluruh pelaku industri pariwisata di DIY untuk menjual paket-paket wisata berkualitas setelah lebaran. Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik sehingga mobilitas semakin terbatas guna mengurangi resiko angka penambahan kasus Covid-19.

“Untuk DIY sendiri seperti yang disampaikan Pak Gubernur, pariwisata tidak tutup artinya kita tetap optimalkan program staycation bagi wisatawan lokal atau warga DIY sendiri. Dengan catatan, protokol kesehatan tetap harus menjadi nomor satu dan lebih baik lagi serta sekaligus bagian kita beradaptasi di masa pandemi Covid-19,” tuturnya kepada KR, Minggu (4/4).

Singgih menjelaskan pariwisata identik dengan pergerakkan orang, apabila mobilitas tersebut dibatasi maka akan mempunyai pengaruh. Tetapi pihaknya tetap berupaya mengoptimalkan potensi wisatawan lokal yang ada di dalam DIY sendiri untuk digarap. Bahkan pihaknya bersama pelaku industri pariwisata DIY telah menyiapkan paket-paket khusus staycation sebagai wujud wisata berkualitas.

“Kami akan mulai dari lingkungan Pemda DIY, korporat besar seperti BUMN sampai pelajar membeli paket wisata khusus ini untuk meramaikan industri pariwisata di DIY di tengah kebijakan pengetatan atau pembatasan. Jadi kita optimalkan potensi wisatawan yang ada di dalam daerah alias wisatawan lokal untuk staycation,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI