Dispar DIY Siapkan Wisata Syariah

YOGYA (KRjogja.com) – Pelaku dunia pariwisata di Yogyakarta hendaknya mulai mempersiapkan diri menghadapi tren wisatawan syariah yang mulai meningkat belakangan ini. Hingga saat ini saja wisatawan muslim mancanegara yang masuk ke Yogyakarta jumlahnya mencapai 9 persen dari total keseluruhan wisman di DIY.

"Evaluasi penting untuk memahami dan meningkatkan pelayanan di sektor wisata ini. Terlebih juga harus mulai memikirkan konsep wisata syariah seiring tren pola hidup syariah belakangan ini," tutur Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta, Rabu (13/07/2016).

Ditambahkan Aris, setidaknya untuk kurun 3-5 tahun ke depan wisatawan muslim mancanegara akan terus meningkat hingga mencapai 14 persen. Karena itu perlu langkah strategis untuk mengakomodir kepentingan wisatawan muslim tersebut.

"Bagus di Yogya sudah ada hotel dengan konsep syariah. Kuliner halal yang sesuai syariah juga penting keberadaannya. Selain itu fasilitas lainnya yang juga sesuai konsep syariah akan lebih baik jika mulai dipersiapkan," lanjut Aris.

Tren syariah menurut Aris juga tidak hanya disukai kalangan umat muslim. Namun secara umum, dengan konsep tersebut dapat lebih menjamin keamanan dan kenyamanan selama berwisata. (M-5)

BERITA REKOMENDASI