Dispensasi Perpanjangaan SIM Selama PPKM

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 30 Agustus 2021 oleh pemerintah, secara otomatis berimbas pada sejumlah pelayanan publik/masyarakat. Salah satunya tentang tenggat waktu perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bersamaan dengan masa PPKM. Pihak kepolisian tentu harus menyesuaikan diri dengan kebijakan pemerintah, tetapi tetap mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Kasubnit 2 Regident Satlantas Polresta Yogya Polda DIY Iptu Annisa Hemas Tiara STrK MSc, Sabtu (28/08/2021) menjelaskan bagi Satpas yang masuk dalam wilayah level 4, kepada pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada tanggal 23-30 Agustus 2021 dapat memperpanjang pada tanggal 31 Agustus hingga 7 September 2021, dengan mekanisme perpanjangan. Pelayanan kepada pemohon perpanjangan SIM dengan kapasitas maksimal 50 persen dari kapasitas normal.

Annisa Hemas menambahkan bagi Satpas yang masuk dalam wilayah level 3, level 2, dan level 1 melaksanakan pelayanan penerbitan SIM pada tenggang waktu sebagaimana disebutkan, untuk permohonan baru. Dalam melayani masyarakat yang mengajukan permohonan SIUM baru maupun perpanjangan, diwajibkan menaati protokol kesehatan (prokes).

“Jika pemohon SIM perpanjangan tidak menaati dispensasi waktu yang telah ditentukan, nantinya yang bersangkutan harus menempuh mekanisme permohonan SIM baru,” jelas Annisa Hemas.

Terkait hal itu, Annisa Hemas mengimbau masyarakat untuk memperhatikan sekaligus melaksanakan dispensasi perpanjangan SIM. Jangan sampai karena keterlambatan perpanjangan, nantinya masyarakat harus menempuh mekanisme permohonan baru.

Untuk permohonan baru, pemohon harus menyertakan fotocopy KTP dan KTP asli, hasil cek kesehatan, hasil tes psikologi, mengisi formulir, mengikuti ujian teori, dan ujian praktik. Sedangkan pemohon perpanjangan SIM, tidak menjalani ujian teori dan ujian praktik. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI