Disperindag DIY Gelar Dua Operasi Pasar Sekaligus, Ini Tujuannya

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY telah menyelenggarakan Operasi Pasar (OP) beras dan komoditi bahan pangan lainnya di tiga wilayah yaitu Kota Yogyakarta, Bantul dan Gunungkidul sejak 5 sampai 12 November 2021. Kegiatan OP beras dan komoditi bahan pangan lainnya ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

” Kami mengadakan OP komoditas minyak dan gula pasir sebanyak 7,5 ton dilaksanakan di kabupaten dan kota yan diperuntukan bagi masyarakat Program Keluarga Harapan (PKH). Kami pun mengelar operasi murni beras sebanyak 15 ton,” ujar Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Aprianto di Yogyakarta, Senin (15/11).

Yanto mengatakan operasi pasar murni beras dan komoditi bahan pangan lainnya ini diharapkan membantu memenuhi kebutuhan pangan pokok masyarakat dan dapat berbelanja dengan tenang menghadapi Nataru kedepannya. Sebab dari sisi ketersediaan pasokan bahan pangan pokok di DIY sangat aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu melakukan aksi borong.

” OP komoditas lainnya yang dijual adalah minyak goreng dan gula pasir dengan total 7,5 ton, karena harga minyak goreng mengalami kenaikan akhir-akhir ini. Sedangkan operasi murni beras disediakan 15 ton beras. Antusiasme masyarakat tinggi terbukti barang yang dijual ludes semua, bahkan kurang,” tuturnya.

OP komoditas lainnya yang diadakan Disperindag DIY selama November 2021 ini dilakukan di Bantul yaitu di Kebon Agung Imogiri dan Pandak, lalu di Gunungkidul yakni di Kalurahan Nglegi Patuk, Kalurahan Ngalang Gedangsari dan Kalurahan Kepek Wonosari. Kemudian di Kota Yogyakarta diadakan di Patangpuluhan, Semaki, Tompeyan dan Kantor Perum Bulog DIY Kotabaru.

BERITA REKOMENDASI