Disperindag Telusuri Panjangnya Jalur Distribusi.

YOGYA (KRjogja.com) – Panjangnya rantai distribusi di DIY masih menjadi salah satu penyebab mahalnya harga komoditas pangan. Formulasi pemangkasan jalur distribusi tengah dicari jalan keluarnya agar menekan dan menjadi stabilitasi harga maupun menjaga inflasi'

" Memang susah ya untuk memangkas panjangnya rantai distribusi komoditas pangan di DIY. Kita masih mencari penyebab tingginya harga beberap komoditas pangan, sementara ini penyebab panjangnya rantai pasokan komoditas pangan," kata  Plt Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Drs Lono Widagdo kepada KRjogja.com, Kamis (11/08/2016).

Lono mengatakan pihaknya tengah menyusuri panjangnya rantai distribusi pangan yang menyebabkan kenaikan harga. Sebab harga dari peternak maupun petani tidaklah tinggi, namun sampai pada konsumen terjadi lonjakan harga yang cukup tinggi. "Seharusnya rantai distribusi komoditas pangan yang panjang harus dipangkas, terlebih jika sistem ini memberikan kemudaha bagi masyarakat maka perlu dilakukan perubahan,"  imbu Lono. (R-4)

 

BERITA REKOMENDASI