Diterjang ‘Cempaka’, DIY Rugi Rp 200 Miliar

YOGYA, KRJOGJA.com – Dampak siklon tropis Cempaka dan Dahlia yang terjadi akhir November 2017 di wilayah DIY sangat terasa terutama di wilayah Bantul dan Gunungkidul. Kerugian pun mulai dihitung dan mencapai angka fantastis yakni Rp 200 miliar. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemda DIY Gatot Saptadi Kamis (7/12/2017) mengatakan hingga hari ini menerima laporan akibat siklon tropis yang melanda wilayah DIY akhir bulan November lalu. Menurut dia jumlah kerugian dan kerusakan di wilayah terdampak mencapai angka Rp 200 miliar. 

"Kerugiannya meliputi fisik dan kerugian material lain misalnya orang yang kemudian tak bisa bekerja karena bencana. Hingga hari ini kerugian dan kerusakan dilaporkan sampai angka Rp 200 miliar," ungkapnya. 

Gatot juga mengungkap bawasanya wilayah terparah dengan kerugian terbanyak terdapat di dua kabupaten yakni Bantul dan Gunungkidul yang memang saat siklon tropis terdampak paling parah. “Paling banyak infrastruktur seperti jembatan, talud, lahan dan rumah,” sambungnya. 

Terkait penanganan pasca bencana terutama terkait infrastruktur, pemda DIY kini masih berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya seperti BNPB. “Untuk rumah penduduk di lokasi yang tak bisa dihuni ya relokasi tapi kalau sifatnya membangun kembali bisa dengan skema tersendiri baik itu kedaruratan maupun hal lainnya, nanti setelah kepala BNPB dan Presiden hadir, tergantung nanti pusat membantu apa,” ungkapnya lagi. 

Sementara cadangan bahan pangan seperti beras, Pemda DIY memastikan masih aman hingga 2-3 bulan kedepan. “Stok kita masih cukup, Bulog dan pertanian sudah menyampaikan paling tidak 2-3 bulan kedepan untuk beras,” pungkasnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI