Ditlantas Polda DIY Intensifkan Operasi Yustisi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Petugas Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY, Minggu (21/02/2021) pagi menggelar Operasi Yustisi di simpang empat Tugu dan sekitarnya. Dalam operasi tersebut, tidak kurang 20 anggota diterjunkan dengan Perwira Pengendali Kompol Purnomo yang sehari-hari menjabat sebagai Kasi Standar, Cegah dan Tindak Subdit Kamsel Ditlantas Polda DIY.

Mengenai tujuan Operasi Yustisi tidak lain adalah untuk memaksimalkan ditaatinya protokol kesehatan (prokes) oleh semua elemen masyarakat. Kompol Purnomo menyampaikan pada saat dilaksanakan operasi, petugas menekankan pada ketaatan masyarakat (pejalan kaki, pesepeda, dan pengendara sepeda motor) menggunakan masker.

Selain masker, petugas juga melakukan sosialisasi pentingnya mencuci tangan menggunakan air mengalir atau hand sanitezer, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan. “Kami berharap masyarakat benar-benar menaati prokes untuk mencegah penyebaran Virus Corona,” jelas Purnomo.

Mengenai temuan selama dilakukan operasi, Purnomo menjelaskan mayoritas masyarakat sudah menaati prokes. Memang ada beberapa pengendara sepeda motor yang kedapatan tidak menggunakan masker, tetapi jumlahnya relatif kecil.

Terhadap pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan masker, petugas memberi masker secara gratis. “Yang lebih dominan adalah penggunaan masker yang tidak benar atau menyalahi aturan kesehatan,” jelasnya.

Purnomo mencontohkan penggunaan masker yang tidak menutup hidung dan mulut, sebagai hal yang kurang pas. Fungsi masker adalah untuk menutupi hidung dan mulut dari kemungkinan penyebaran Virus Corona, baik ketika berada di luar rumah atau selama dalam perjalanan berkendara.

Ditambahkan, petugas Ditlantas Polda DIY akan terus mengintensifkan operasi terkait kebijakan Pemberlakuan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di wilayah DIY. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI