Ditlantas Polda DIY, Selenggarakan Pelatihan Fotografi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY, Kamis (11/02/2021) bertempat di Aula Adhi Pradana menyelenggarakan ‘Pelatihan Peningkatan Kemampuan Personel Dalam Bidang Fotografi’. Pelatihan diikuti 30 peserta dari perwakilan masing-masing Sub Direktorat, Bagian, dan Seksi jajaran Ditlantas Polda DIY. Selama berlangsung pelatihan, peserta wajib menaati protokol kesehatan (prokes) secara ketat, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pelatihan dibuka oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Pol Iwan Saktiadi SIK MH MSi, dengan menghadirkan pemateri Eric Ireng (fotografer asal Surabaya). Iwan Saktiadi mengatakan pelatihan fotografi bertujuan untuk menunjang pelaporan dokumentasi kegiatan Ditlantas Polda DIY di era industri 4.0. Setelah pelatihan, diharapkan bisa memaksimalkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) personel Ditlantas Polda DIY di bidang fotografi dan dokumentasi.

Iwan Saktiadi menambahkan di era globalisasi saat ini setiap anggota kepolisian harus memiliki kemampuan di bidang ilmu dan teknologi, salah satunya perihal fotografi. Menurutnya, kemampuan personel kepolisian di bidang fotografi akan sangat mendukung bidang publikasi dan dokumentasi.

Karena itulah, pihaknya menganggap perlu menghadirkan fotografer profesional untuk melatih anggotanya tentang seluk beluk fotografi. “Setidak-tidaknya agar personel tahu dasar-dasar fotografi guna mendukung kinerja kepolisian dalam fungsi pelayanan masyarakat,” ujar Iwan Saktiadi.

Sementara itu, Eric Ireng menyampaikan tentang pengetahuan dasar fotografi, mulai dari pemilihan kamera dan penggunaannya, sudut pandang pengambilan objek foto, hingga memilih atau menentukan suasana yang akan diabadikan dalam bentuk foto. Prinsipnya, melalui foto bisa disampaikan pesan-pesan kepada masyarakat tentang program kepolisian.

Menurutnya, foto-foto tidak kalah menariknya dengan narasi yang disuguhkan kepada masyarakat. “Kadang-kadang foto bisa mewakili pesan yang hendak disampaikan kepada masyarakat,” ungkap Eric Ireng.

Menurut Eric Ireng, untuk benar-benar bisa menghasilkan foto yang berkualitas, dibutuhkan latihan tentang cara memotret yang benar sekaligus berkesinambungan. Tidak kalah pentingnya, harus banyak terjun ke lapangan untuk mengabadikan momentum-momentum tertentu agar kemampuan sebagai fotografer teruji, baik dari sisi tematik maupun objek fotonya. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI