Ditlantas Polda DIY Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Petugas Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY, Minggu (06/12/2020) melakukan Operasi Yustisi di kawasan Malioboro, Yogya. Operasi dipimpin Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda DIY Kompol Edy Bagus Sumantri SIK dengan tujuan menyadarkan masyarakat perihal protokol kesehatan (prokes).

Fokusnya pada 3M, yakni mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Hal tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona, yang akhir-akhir ini menunjukkan gejala meningkat.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY AKBP Iwan Saktiadi SIK MH MSi didampingi Kasubdit Gakkum Kompol Edy Bagus Sumantri SIK, Minggu (06/12/2020) menjelaskan Operasi Yustisi terkait protokol kesehatan dirasa perlu untuk terus disosialisasikan kepada masyarakat, mengingat saat ini virus korona menunjukkan trend meningkat. Karenanya, masyarakat harus terus diingatkan mengenai pentingnya menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak/menghindari kerumunan massa agar terhindar dari virus yang mematikan tersebut.

Iwan Saktiadi menyampaikan akhir-akhir ini masyarakat terkesan kurang begitu memperhatikan masalah tersebut, sehingga pihaknya merasa perlu untuk terus melakukan sosialisasi mengenai prokes. Minggu (06/12/2020) dilakukan Operasi Yustisi di kawasan Malioboro, mulai dari Pos Teteg Malioboro sisi utara sampai Pos Teteg Malioboro sisi selatan.

Bentuk kegiatan berupa imbauan dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya melaksanakan 3M. Sasarannya, para pengguna jalan yang melewati Tugu, Malioboro, dan Kraton (Gumaton) dengan membentangkan spanduk edukasi pencegahan Covid-19.

Selain itu, petugas juga membagikan masker kepadara yang tidak membawa masker pada saat berkendara sekaligus melakukan pembinaan kepada pelaku pelanggaran protokol kesehatan agar tidak mengulangi perbuatannya (tidak mengenakan masker). Kepada pengendara sepeda motor yang kedapatan mengenakan masker tetapi caranya tidak benar, petugas mengingatkan dan mernahke.

“Saat dilakukan operasi, petugas mendapati 2 orang pengendara sepeda motor tidak mengenakan masker, 3 orang tidak membeawa masker, dan 7 orang menggunakan masker dengan cara yang tidak benar,” jelas Iwan Saktiadi.

Iwan Saktiadi mengimbau masyarakat agar memperhatikan masalah protokol kesehatan dengan harapan terhindar dari virus korona. Memperhatikan kejadian di sejumlah daerah, saat ini justru terjadi peningkatan jumlah orang yang positif terpapar virus korona. Salah satu penyebabnya, kurang ditaatinya masalah protokol kesehatan.

“Polisi, TNI beserta aparat pemerintah berusaha melindungi masyarakat dengan cara tidak henti-henti melakukan sosialisasi perihal pentingnya 3M,” tandas Iwan Saktiadi.

Terkait dengan Operasi Yustisi, Iwan Saktiadi menuturkan pihaknya sebatas melakukan upaya pencegahan. Jika ditemukan ada warga yang kurang menaati masalah protokol kesehatan, petugas memberikan teguran agar yang bersangkutan menaati protokol kesehatan. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI