DIY Alihfungsikan Jabatan Struktural ke Fungsional

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai upaya mempercepat optimalisai pembangunan sumber daya manusia di lingkungan pemerintahan, Pemda DIY mengalihfungsikan jabatan struktural menjadi fungsional. Sebanyak 13 pejabat Eselon 3 lantik dan disetarakan pada jenjang Fungsional Ahli Madya dan 133 pejabat Eselon 4 dilantik dan disetarakan pada jenjang Fungsional Ahli Muda.

“Regulasi penyetaraan di DIY ini telah sampai pada tahap ke 2 yang nantinya akan terus ditindaklanjuti pada tahap-tahap selanjutnya. Tahap satu sendiri telah terlaksana pada akhir Desember 2021,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Drs K Baskara Aji saat melantik para pejabat di lingkungan Pemda DIY ini melalui mekanisme Penyetaraan Jabatan Fungsional di Bangsal Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Senin (31/1/2022).

Menurut Baskara Aji,semua pejabat atau jabatan yang sudah direkomendasikan oleh KemenPan RB RI dan Kementerian Dalam Negeri RI akan diisi sepenuhnya. Oleh karena itu, setiap ASN harus siap dengan perubahan ini untuk meningkatkan efektivitas kinerja. Mengingat alih fungsi dari jabatan struktural dan jabatan fungsional sebelumnya sudah jauh hari dipersiapkan. Ide penyetaraan itu pernah dilontarkan Gubernur DIY pada saat beliau dulu memulai merintis reformasi birokrasi di Pemda DIY. Ide itu ternyata disetujui Presiden Joko Widodo untuk diterapkan secara nasional demi meningkatkan efektivitas kinerja ASN.

BERITA REKOMENDASI