DIY Belum Beri Lampu Hijau Pembelajaran Tatap Muka

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri Tentang Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di sekolah saat Masa Pandemi memang memperbolehkan sekolah yang sudah siap untuk menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka, tahun depan. Namun demikian, keputusan akhirnya diserahkan kepada masing-masing Pemerintah Daerah, sejauhmana kesiapannya.

Sekda DIY Kadarmanta Basakara Aji mengatakan, untuk DIY, dari hasil evaluasi diputuskan belum akan membuka KBM tatap muka untuk sekolah. Artinya pembelajaran masih harus dilakukan secara daring. Salah satu pertimbangannya, karena penularan Covid-19 di DIY masih tinggi dan belum bisa dikendalikan. Jika dipaksakan, dikhawatirkan muncul banyak klaster sekolah.

“Kita tentu menghitung untung-ruginya. Dari hasil evaluasi, masih miris kalau harus membuka sekolah. Kesehatan anak adalah prioritas utama,” kata Baskara Ajisecara dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema ‘Pembelajaran Tatap Muka, Sudah Siapkah Pemda dan Sekolah?’ di Meeting Room The 101 Hotel Yogyakarta, Jumat (27/11/2020). Narasumber lain, Kepala SMKN 2 Yogyakarta Dodot Yuliantoro ST MT dan Ketua Satgas Covid-19, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang DIY Dr Tri Widjaya MKes.

FGD diselenggarakan oleh SKH Kedaulatan Rakyat (KR) bekerja sama dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dipandu host Redaktur Pelaksana KR Primaswolo Sudjono diikuti Pemimpin Redaksi KR Octo Lampito dan jajaran. Siaran ulang FGD bisa dilihat di channel Youtube Kedaulatan Rakyat TV.

BERITA REKOMENDASI