DIY Bersiap Lakukan Pengetatan Secara Terbatas 11-25 Januari

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah pusat meminta seluruh daerah di Pulau Jawa untuk melakukan Pengetatan Secara Terbatas pada 11-25 Januari 2021 sebagai upaya mengurangi kasus positif Covid-19. DIY pun mulai bersiap menerapkan kebijakan tersebut dan menyusun aturan terkait pembatasan aktivitas.

Wakil Sekretariat Gugus Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana mengatakan berdasar hasil rapat dengan pemerintah pusat, pengetatan dilakukan mulai pemberlakuan Work From Home bergantian pada perkantoran, pembatasan operasional transportasi publik, jam buka tempat-tempat ekonomi, pembelajaran daring dan penghentian kegiatan memungkinkan potensi kerumunan. Kebijakan tersebut menurut Biwara akan ditindaklanjuti dengan Surat Edaran (SE) Mendagri yang saat ini sedang disiapkan draftnya oleh pemerintah pusat.

“Tapi intinya, pemerintah berharap dengan kebijakan itu akan ada penurunan kasus hingga 50 persen. Tentu arahan besarnya seperti itu tapi konkritnya di daerah kita putuskan kedepan, misalnya WFH, tempat wisata kita akan rumuskan kembali,” ungkap Biwara pada wartawan, Rabu (06/01/2021).

Kebijakan tersebut menurut Biwara akan diterapkan serentak di Pulau Jawa pada 11 hingga 25 Januari mendatang. Terkait WFH, menurut dia akan berlaku pula untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemda DIY.

“ASN juga akan gantian masuknya, namun SKPD akan menyesuaikan sesuai ketugasan. Kami juga siapkan draft untuk aturannya juga sembari menanti dari pusat,” pungkas Biwara. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI