DIY Bidik Vaksinasi Covid-19 Bagi Perempuan Capai 70 Persen

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim Penggerak PKK (TP PKK) DIY turut serta mengambil bagian dalam melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 pada perempuan yang ditargetkan mampu mencapai 70 persen. Akselerasi vaksinasi perempuan di DIY ini sangat diperlukan karena baru sekitar 30 persen yang tervaksin, mengingat vaksinasi tersebut dapat mendukung ruang gerak atau mobilitas perempuan.

Wakil Ketua I TP PKK DIY GKBRAy A Paku Alam menyatakan dari keseluruhan jumlah perempuan di DIY, baru 30 persen yang telah divaksinasi Covid-19. Artinya, capaian vaksinasi pada perempuan harus ditingkatkan lagi. Vaksinasi Covid-19 bagi perempuan ini sangatlah penting, mengingat perempuan merupakan sosok mandiri dengan mobilitas cukup tinggi sehingga perlu perlindungan dari penularan virus Korona, salah satunya suntikan vaksin Covid-19.

“Vaksinasi ini untuk memperkuat imun kita sehingga lebih aman dalam beraktivitas dan berkegiatan, terutama di luar rumah. Jadi silahkan kita perempuan-perempuan di DIY mau divaksinasi, karena tidak hanya demi diri sendiri tetapi lingkungan dan masyarakat DIY pada umumnya,” ujarnya di Yogyakarta, Rabu (22/09/2021).

Istri Wagub DIY ini menegaskan vaksinasi pada perempuan merupakan hal yang sangat penting mengingat perempuan sendiri adalah tiang dalam rumah tangga. Sebagai tiang yang menopang, maka sangat penting perempuan untuk menjadi kuat dan mampu melindungi sekitarnya.

“Kita targetkan 70 persen dari total wanita di DIY divaksinasi atau mudah-mudahan syukur lebih dari itu. Tentunya perempuan yang sudah memenuhi syarat vaksinasi bisa proaktif bisa mengikuti vaksinasi Covid-19,” katanya.

Kepala Bagian Humas Biro Humas dan Protokoler (UHP) Setda DIY Ditya Nanaryo Aji Ditya menuturkan Pemda DIY bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab)/Pemerintah Kota (Pemkot) se-DIY terus berupaya melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 agar segera terwujud kekebalan komunal. Meskipun status PPKM di DIY sudah level 3, berbagai upaya percepatan vaksinasi tetap dilakukan seperti vaksinasi massal, vaksinasi keliling hingga vaksinasi jemput bola.

“Pemda DIY memang tengah fokus melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di DIY agar segera mencapai herd immunity dengan target total sasaran 2.879.699 orang,” tandasnya.

Ditya menuturkan capaian vaksinasi Covid-19 di DIY untuk vaksin dosis pertama mencapai 2.175.466 orang atau 75,54 persen dan vaksin dosis kedua mencapai 1.039.706 orang atau 36,10 persen pada 21 September 2021. Sedangkan capaian cakupan vaksin dosis ketiga tenaga kesehatan (nakes) di DIY telah mencapai 23.907 nakes atau 70,73 persen dari total sasaran 33.799 nakes berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY per 21 September 2021. (Ira)

BERITA REKOMENDASI