DIY Catat Rekor Baru Tambah 16 Positif Covid Hari Ini

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY mencatat rekor baru penambahan kasus positif Covid-19, Minggu (19/7/2020). 16 orang dinyatakan positif sekaligus menambah kumulatif kasus Covid DIY menjadi 432.

Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih menyebut hari ini seluruh fasilitas kesehatan di DIY memeriksa 1.165 sample dari 952 orang. Banyaknya screening pasien menurut Berty menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah kasus positif sekaligus kesembuhan di DIY.

“Hari ini ada penambahan 16 kasus positif dan 8 kesembuhan kasus. Ini menjadi salah satu faktor peningkatan jumlah pemeriksaan, termasuk penelusuran kasus serta pelaku perjalanan yang dilakukan oleh teman-teman Puskesmas dan Dinkes Kabupaten/kota. Saat ini puskesmas sudah melakukan pengambilan specimen (swab) sendiri dan mengirimkannya ke laboratorium,” ungkap Berty. Berty menyebut saat ini dari total 121 puskesmas di DIY seluruhnya sudah memiliki paling tidak satu tenaga ahli yang dilatih untuk pengambilan swab. “Ada yang lebih dari satu, sehingga saat ini semua puskesmas di DIY sudah bisa mengambil sample Covid-19,” lanjut dia.

BERITA REKOMENDASI